Blacky skrg sering gw ajak ke toko juga..supaya ga pilih kasih sm Browny..
Tapi mereka nangis2 mulu karena kelaperan..Trs pas mo kasi makan di toko, rencana mo dialasin pake koran..Si Blacky malah loncat ke makanan yg gw pegang..tumpah deh berantakan..langsung deh diserbu sama anak2 anjing kelaparan..hehe..

Trs mereka skrg uda lebih lucu sih..Klo jalan, buntutnya uda goyang2, ga kaya pertama kali kenal..Trs Klo gw kasi bola tenis, skrg mereka bisa main..Blacky jago nuyndul bola, klo Browny jago jadi kiper..hehe..
Oh ya, gara2 mati lampu, gw jadi ga bisa nyirem halaman trus jadinya berdebuuuu bgt..ngebul abis..Apalagi hari ini anginnya kenceng bgt..jd jaga toko penuh debu deh..uuh..
Oke kita masuk ke cerita sesuai judulnya, belajar nyetir..
Hari ini ga gitu capek, soalnya pake AC..
Dari kemari ga pake AC soalnya ntar nambah lagi Rp 50 ribu..mahal bgt kan?
Tapi abis pengalaman 2 hari jalan di jalanan yang panas, berdebu, berisik, diliatin orang2..
Gw memutuskan buat pake AC untuk 2 hari terakhir ini..hehe..
Hari ini materinya tanjakan..
Gw dibawa ke tanjakan, tp gw lupa namanya..disitu tanjakannya sepi..
Kata instrukturnya, untuk nanjak ada 3 cara :
- Cara 1 : pake rem tangan
Rem tangan ditarik, kopling ditekan full, masuk gigi 1, kopling dilepas sedikit2 sampe mesin bergetar, trus ditahan..gas ditekan sedikit, ditahan..trus rem tangan dilepas..mobil ga bakal mundur..trus baru ditambah gas nya sama dilepas pelan2 koplingnya.. - Cara 2 : pake rem kaki
Caranya sama persis kaya cara 1, cuma bedanya rem tangan diganti rem kaki aja..
Kopling ditekan full, masuk gigi 1, rem kaki full, kopling dilepas sedikit2 sampe mesin bergetar, trus ditahan, rem kaki dilepas, kaki kanan pindah ke gas, baru deh tinggal gas sama lepas kopling..hehe - Cara 3 : ga pake rem sama sekali
Beneran ga pake rem sama sekali, jadi cm pake dorongan mesin yang kecil, dimana ΣF = 0 , jadi gaya gravitasi yang mendorong mundur mobil sama dengan gaya dorongan mesin..jadi mobilnya berhenti tanpa direm..hehe..Kopling ditekan sedikit sambil gas ditekan sedikit dengan stabil..
Klo mobilnya maju, teken lagi koplingnya..
Klo mobilnya mundur, lepas dikit koplingnya..
Klo mo jalan tinggal ditambah gasnya, trus lepas koplingnya..
Gw ga tau cara kemana yang paling bagus sih..Kata instrukutrnya, cara 1 dan 2 itu cara yg aman..Tapi orang2 yg uda biasa nyetir, banyak yg pake cara 3..Lebih efektif sih..
Kalo cara 1 itu buat jalanan nanjak yg macet (kaya di puncak)..
Kalo cara 2 & 3 itu buat jalanan nanjak yang padat merayap (kaya cicak)..
Bsk tinggal 1 hari lg hari terakhir gw belajar nyetir..moga2 aja gw uda lancar bawanya..skrg uda lebih PD sih..cm PD gara2 pake mobil belajar, klo nabrak gpp..klo pake mobil papa jd takut..hehe..
Dulu waktu belajar nyetir sama mama, cara 1 yang dianjurkan. (kalo lewat jalan off road menuju villa nusa indah gw pake cara itu terus)
ReplyDeleteCara 2 dianjurkan untuk mobil matic.
Cara 3 dipakai kalo berhentinya nggak lama-lama amat (contoh: keluar dari perumahan Bougenville, mau belok kiri. Kan harus berhenti di tanjakan nunggu lawan arah sepi)
eh salah ding, keluar dari Bougenville belok kanan
ReplyDeleteAk mo belajar di tempat kursus ga jd...
ReplyDeletemo belajar sendiri aj..sama mobil sodara...
klo dah bs dikit ntar pake mobil sendiri aj (minggu depan datang InyaAllah)..
Doain ya...
@Saiful Adi
ReplyDeleteSemangat yaa..Kuncinya sih jgn gugup & banyak2 latian aja..
Bedanya latian sendiri sm latian di kursus itu, di kursus dikasitau teori2 yg benernya, kalo latian sendiri kan lgsg ke prakteknya..Tp yg penting pengalaman sih..
yang penting beres kursus langsung praktek!! haha
ReplyDeleteaku seminggu kursus langsung pegang mobil. tabrakan dah biasa ituu... hehe
cara tiga pegal...
ReplyDeletecara satu ama dua bikin males...
well, your pick lah... hehehe ^_^
@Ryan
ReplyDelete"cara 2 dianjurkan untuk mobil matic" ??
mobil matic mana pake kopling.. :p
@Irma: rem tangan ganti rem kaki (pake kaki kiri)
ReplyDeletemasuk gigi 1 atau D tapi overdrive dimatikan
sori Hen.. blog kok jadi media chatting, hahaha